TRIPLE BOOSTER – Bikin Perkasa Dan Tahan Lama

3 Sungai Terpanjang Di Dunia

3 Sungai Terpanjang Di Dunia
3 Sungai Terpanjang Di Dunia. Bumi kita memiliki beberapa sungai yang luar biasa panjangnya.  Banyak faktor yang ikut berperan untuk menentukan sungai terpanjang di dunia, sementara kebanyakan ilmuwan dan peneliti setuju pada urutan, keakuratan pengukuran panjang sungai. Dengan demikian, pengukuran panjang sungai adalah perkiraan.

Berikut adalah 3 sungai yang memiliki panjang lebih dari 5.000 kilometer atau sungai terpanjang di dunia.

1. Sungai Nil


Sungai Nil Sungai Nil adalah sungai utama yang mengalir di bagian utara di timur laut Afrika, dan merupakan sungai terpanjang di dunia. Panjangnya sekitar 6.650 km (4.132 mil). Sungai Nil adalah “sungai internasional” karena sumber airnya dibagi oleh sebelas negara yaitu, Tanzania, Uganda, Rwanda, Burundi, Republik Demokratik Kongo, Kenya, Ethiopia, Eritrea, Sudan Selatan, Sudan dan Mesir. Secara khusus, Sungai Nil menyediakan sumber daya air primer dan sehingga menjadi arteri hidup bagi negara-negara hilir seperti Mesir dan Sudan.

Sungai Nil memiliki dua aliran sungai besar, yaitu Sungai Nil Putih dan Nil Biru. Sungai Nil Putih lebih panjang dan naik di wilayah Danau Besar Afrika Tengah, dengan sumber paling jauh masih belum ditentukan tetapi terletak di Rwanda atau Burundi. Sungai ini mengalir ke utara melalui Tanzania, Danau Victoria, Uganda dan Sudan Selatan. Nil Biru adalah sumber dari sebagian besar air dan tanah yang subur. Ini dimulai di Danau Tana di Ethiopia pada dan mengalir ke Sudan dari arah tenggara. Kedua sungai bertemu dekat ibukota Sudan Khartoum.

2. Sungai Amazon


Sungai AmazonSungai Amazon terletak di Amerika Selatan, merupakan sungai yang terpanjang kedua di dunia dan sejauh ini terbesar oleh aliran air dengan debit rata-rata lebih besar dari tujuh sungai terbesar berikutnya yang merupakan gabungan (tidak termasuk Madeira dan Rio Negro, yang merupakan anak sungai dari Amazon). Panjangnya sekitar 6,400 km / 3,976 mil. Sungai Amazon memiliki cekungan drainase terbesar di dunia, sekitar 7.050.000 kilometer persegi (2,720,000 mil persegi), menyumbang sekitar seperlima dari aliran sungai total dunia.

Lebar dari Amazon adalah antara 1,6 dan 10 kilometer (1,0 dan 6,2 mil) pada tahap rendah tetapi memperluas selama musim hujan sampai 48 kilometer (30 mil) atau lebih.Sungai Amazon memasuki Samudra Atlantik di sebuah muara yang luas dengan lebar sekitar 240 kilometer (150 mil). Mulut utama sungai adalah 80 kilometer (50 mil). Karena dimensi yang luas, kadang-kadang disebut Laut Sungai.

3. Sungai Yangtze

Sungai Yangtze, atau Chang Jiang adalah sungai terpanjang di Asia, dan terpanjang ketiga di dunia. Sungai itu mengalir sepanjang sekitar 6,300 kilometer (3,917 mil) dari gletser di Dataran Tinggi Qinghai-Tibet di Qinghai di barat daya ke arah timur, tengah dan timur China sebelum mengosongkan ke Timur Laut Cina di Shanghai.
Sungai ini juga salah satu sungai terbesar dengan volume debitnya di dunia. Sungai Yangtze mengalir seperlima dari luas tanah Republik Rakyat China (RRC) dan perusahaan daerah aliran sungai adalah rumah bagi sepertiga penduduk Cina.

Seiring dengan Sungai Kuning (Yellow River), Sungai Yangtze adalah sungai paling penting dalam budaya, sejarah dan ekonomi China. Sungai Yangtze mengalir melalui beragam ekosistem dan habitat itu sendiri bagi spesies endemik dan terancam punah beberapa termasuk buaya Cina dan sturgeon Yangtze. Selama ribuan tahun, orang telah menggunakan sungai untuk air, irigasi, sanitasi, transportasi, industri, batas-tanda. 3 Dam terbesar di Sungai Yangtze adalah hidro-electric pembangkit listrik terbesar di dunia.

Sumber:
  1. http://www.apakabardunia.com/2013/04/
  2. http://id.wikipedia.org/wiki/
  3. http://log.viva.co.id/news/read/401915
  4. bloggers.com/post/7

Related : 3 Sungai Terpanjang Di Dunia

0 Komentar untuk "3 Sungai Terpanjang Di Dunia"

 http://www.obatkuatherbal.web.id/ http://www.rahasiadewasa.com/ http://www.rahasiadewasa.org/ http://www.rahasiadewasa.info/ http://www.rahasiadewasa.name/ http://www.rahasiadewasa.id/OBAT LEMAH SYAHWATDUNIA WANITAEJAKULASI DINIBLOG ZASMINE-OBJEK WISATA | TEMPAT WISATACARA DAN MANFAATBACKLINK OTOMATIS GRATIS JURAGAN.AUTO BACKLINK.GUDANG HERBALRESEP HERBALbandrek dinar.MINUMAN TRADISIONAL/MINUMAN HERBAL.MPLOD LEWOBENEFITS PLANTS.AUTO BACKLINK.AUTO BACKLINK.